15 Okt 2010

Pembajakan’ Situs SBY Tak Politis?

Situs SBY asli (atas) dan palsu (bawah)
Jakarta - Tim teknis situs Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum dapat memastikan apakah ada unsur politis dibalik pembajakan ‘peta’ nama domain PresidenSBY.info yang terjadi belum lama berselang.
Menurut Heru Nugroho, salah satu penasehat teknis situs SBY tersebut, pihaknya kini tengah mempriotiskan daya upaya dalam hal teknis terlebih dahulu. “Saat ini kita sedang deskripsikan persoalan teknisnya dulu,” ujar Heru kepada detikINET, Selasa (20/3/2007).
Sedangkan untuk unsur kesengajaan, memang tampak nyata dari si pelaku pembajakan. Semisal dengan menyiapkan situs pengalih berisi tiga tuntutan yang diajukannya kepada Presiden SBY. Menanggapi hal tersebut, Heru tak gegabah menyatakan adanya unsur politis dalam kasus pembajakan ‘peta’ alias domain name service (DNS) tersebut.
“Kalau dilihat dari materi halaman pengalih alamat DNS, tidak terlihat ada nuansa politis,” demikian Heru menandaskan. Meskipun demikian, setelah soal teknis terselesaikan, seperti ditegaskan Heru, pihaknya baru akan mencoba mengkaji persoalan yang non teknis.