15 Okt 2010

Hacker Indonesia

Setelah beberapa bulan di Indonesia, saya semakin yakin bahwa kualitas SDM IT Indonesia ada yang tidak kalah dengan IT luar negeri. Hacker kita banyak yang punya potensi yang luar biasa.
Di Birmingham dulu saya dianggap “pakar” komputer oleh para kolega saya. Salah satu keluhan mereka pada saat ini adalah “if Harry’s still here, this will be done”, karena kini sayatidak lagi bekerja di Birmingham City Council.
Tapi, saya yakin bahwa sebetulnya banyak rekan-rekan saya di Indonesia yang jauh lebih ahli lagi daripada saya.
Dan saya gembira bahwa saya tidak keliru. Selama ini, sudah berkali-kali saya, yang katanya “pakar” ini, dibuat tercengang melihat keahlian beberapa kawan-kawan disini.
Dulu saya sempat mengira bahwa untuk menjadi pakar komputer, hanya dibutuhkan kemauan belajar & bekerja keras. Namun, seperti seni, kelihatannya juga diperlukan bakat (!), untuk dapat berhasil di bidang IT.
Apakah memang benar demikian? Tapi, rasanya tidak ada penjelasan lainnya lagi, bagaimana bisa ada orang yang mampu menguasai sekian banyak topik IT, dan menjadi pakar di setiap topik tersebut. The difference is simply too vast - I’m jack of all trades, but there are those who are actually master of all trades.
Sejak saya menyadari ini sekitar setahun atau dua tahun yang lalu, saya mulai menyesuaikan arah karir saya. Kalaupun saya akan kalah dari segi kemampuan teknis dan kecepatan belajar (yang mana sangat vital untuk bidang ini); paling tidak saya harus tetap mampu untuk beradaptasi dengan fakta ini.
Kini saya lebih memfokuskan diri ke topik project management dan kemampuan analisis; bagaimana mendesain solusi IT yang tepat untuk suatu masalah. Lalu juga bagaimana memposisikan diri menjadi contact person ke user; bagaimana mengkomunikasikan berbagai isyu IT ke user dengan bahasa yang mudah dimengerti, dan bagaimana mengkomunikasikan berbagai isyu dari user ke para staf IT.
Basically, Making IT Works.
Salah satu kekurangan dari beberapa rekan hacker kita tersebut adalah, walaupun mereka luar biasa ahli dari segi teknis, namun mereka kadang gagal melihat suatu hal dari perspektif user / end user. Karena ini, maka kadang solusi yang mereka buat sangat sempurna dari segi teknis, namun tidak bisa digunakan / tidak diminati oleh para user.
Atau, kadang solusi yang dihasilkan sangat rumit dan kompleks, sehingga tidak feasible untuk di-deploy & di-maintain dalam skala besar. Dst.
Customer / user hanya ingin agar infrastruktur IT mereka berjalan. Just Works. Mereka sama sekali tidak tertarik untuk mengetahui bagaimana kita telah me tuning server mereka habis-habisan, sehingga bisa melayani jutaan request per menit tanpa tersedak sama sekali. Mereka tidak ingin tahu bagaimana software yang kita develop telah di optimalisasi sehingga hanya memerlukan sangat sedikit memory untuk berjalan.
Mereka hanya ingin bisa mengerjakan pekerjaan mereka tanpa masalah.
Jika ada yang menjadi jembatan antara kedua kubu ini, customer & hacker, then we can get the best of both worlds. Customer produktif berkat sistem kita, dan dengan senang hati membayar mahal untuk itu. Hacker yang gembira karena kerjanya dihargai, dan hasil kerjanya semakin meningkat.
I think it’s a worthy goal.
Bagi mereka yang ingin berkarir di bidang IT - Anda tetap bisa berprestasi dengan modal kerja keras dan semangat belajar yang tinggi.
Namun, akan selalu ada orang-orang yang dapat melampaui Anda, tanpa perlu berusaha sekeras Anda. Ini adalah fakta.
Jadi, jangan patah semangat. Cobalah untuk beradaptasi dengan situasi tersebut.
Dengan demikian, maka Anda akan tetap bisa, atau malah jadi sukses, berkarir di bidang IT ini.
Bagi para hacker Indonesia - terus semangat dan berkarya. Semoga akan semakin banyak pihak yang dapat menghargai potensi Anda.